Penilaian Perpustakaan Cemerlang SMPN 2 Mendoyo (Dok Perpus)
Siapa yang tidak
mendambakan sebuah perpustakaan yang tidak hanya sekadar tempat menyimpan buku,
tetapi juga menjadi ruang inspirasi, inovasi, dan kolaborasi? Perpustakaan
Cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo adalah destinasi yang menawarkan lebih dari
sekadar koleksi buku. Perpustakaan di Indonesia terus berjuang untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Bagaimana cara memastikan bahwa
perpustakaan kita mampu memberikan layanan terbaik? Jawabannya ada pada
akreditasi.
Akreditasi
perpustakaan adalah proses penilaian formal yang dilakukan oleh lembaga
independen untuk mengukur sejauh mana sebuah perpustakaan memenuhi standar
kualitas yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa
perpustakaan memberikan layanan yang optimal kepada pemustaka dan sesuai dengan
kebutuhannya. Akreditasi perpustakaan merupakan langkah penting untuk
memastikan kualitas layanan perpustakaan. Dengan melibatkan tim asesor yang
kompeten, proses akreditasi dapat berjalan efektif dan menghasilkan rekomendasi
yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas perpustakaan.
Perpustakaan
Cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo, telah mengikuti serangkaian proses untuk
mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah tingkat nasional. Mulai dari tahap
pemanggilan sekolah terpilih pada tanggal 5 Juni 2024, pendampingan/pembinaan
dari perpustakaan daerah kabupaten jembrana pada tanggal 12 Juni 2024, tahap
persiapan dokumen akreditasi dari tanggal 19 Juni 2024-11 Juli 2024,
pengunggahan dokumen bukti dukung akreditasi pada tanggal 12 Juli 2024, dan
tahap visitasi langsung untuk memastikan kondisi fisik perpustakaan pada
tanggal 7 Agustus 2024.
Proses penilaian
akreditasi berjalan dengan lancar dan kodusif, ditandai dengan kerjasama yang
baik antara tim asesor dan tim
perpustakaan cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo. Seluruh dukomen dan data yang
diminta telah disiapkan dengan lengkap dan akurat, sehingga mempermudah proses
pencocokan instrumen penilaian dengan bukti fisik yang ada. Tim asesor
memberikan apresiasi atas persiapan yang matang dan juga memberikan masukan
yang konstruktif untuk peningkatan kualitas layanan di masa mendatang. Adapun komponen-komponen
yang menjadi fokus pada akreditasi perpustakaan sekolah terdiri dari komponen
utama dan komponen pendukung. Komponen utama terdiri dari koleksi perpustakaan,
sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan,
penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, dan penyelenggaraan
perpustakaan. Komponen pendukung terdiri dari inovasi dan kreativitas, tingkat
kegemaran membaca, dan indeks pembangunan literasi masyarakat.
Hasil penilaian
akreditasi oleh tim asesor menunjukkan bahwa Perpustakaan Cemerlang SMP Negeri
2 Mendoyo telah mencapai standar yang ditetapkan. Komitmen seluruh pihak dalam
lembaga untuk mencapai akreditasi sangat terlihat sehingga menghasilkan hasil
yang memuaskan. Hasil penilaian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam
berbagai aspek, terutama aspek pengelolaan perpustakaan, inovasi dan
kreativitas, dan tingkat kegemaran membaca. Hasil penilaian ini akan dijadikan
sebagai tolak ukur bagi kami pengelola Perpustakaan Cemerlang SMP Negeri 2
Mendoyo untuk terus berbenah agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi
pemustaka.
Akreditasi
bukanlah tujuan akhir, melainkan langkah awal menuju perpustakaan yang lebih
baik. Dengan komitmen yang kuat dan kerja sama yang solid, kita dapat
mewujudkan perpustakaan impian yang menjadi kebanggaan warga sekolah. Mari
bersama-sama membangun perpustakaan yang tidak hanya memenuhi standar, tetapi
juga mampu menginspirasi generasi mendatang. Akreditasi adalah langkah pertama,
dan kita semua memiliki peran penting di dalamnya.
0 Comments